10 Tips Cara Aman Berbelanja Online

  • Whatsapp
10-Tips-Cara-Aman-Berbelanja-Online
Foto dari Canva Pro

Belanja online sangat membantu di masa pandemi Covid-19 saat ini. Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih, waktu, serta risiko tertular virus corona untuk berbelanja. Namun, belanja online juga memiliki risiko tersendiri. Ada beberapa cara aman belanja online, sehingga Anda dapat terhindar serta meminimalisir kerugian dan penipuan.

Belanja Online Secara Aman

Beberapa cara berbelanja online secara aman antara lain:

Read More

1. Baca Produk yang Akan Dibeli dengan Detail

Biasakanlah untuk selalu membaca deskripsi produk yang akan Anda beli terlebih dahulu dengan detail. Perhatikan hal-hal seperti ukuran, kapasitas, berat, hingga warna. Anda juga dapat melihat di kolom komentar apabila ada konsumen yang sudah pernah membelinya.

Selain itu, untuk memastikan mengenai barang yang akan Anda beli, Anda dapat melakukan survei singkat melalui mesin pencarian mengenai deskripsi produk.

2. Baca Kebijakan di Tempat Belanja dengan Teliti

Ketika Anda memilih salah satu e-commerce, sebaiknya Anda juga membaca kebijakan, syarat, dan peraturan di tempat belanja tersebut. Pahamilah peraturan dan hal-hal penting seperti syarat pengembalian barang atau uang.

3. Selalu Menyimpan Bukti Transaksi

Menyimpan bukti transaksi merupakan salah satu cara aman belanja online. Dengan menyimpan bukti transaksi, Anda dapat memberikan bukti apabila ada masalah antara Anda dengan penjual atau e-commerce.

4. Gunakan E-mail Berbeda dan Selalu Ganti Password

Untuk mendaftar sebagai salah satu member pada salah satu e-commerce, lebih baik Anda membuat alamat e-mail khusus dan tidak menyatukan e-mail untuk berbelanja dengan pekerjaan. Dengan demikian Anda akan terhindar dari spam.

Gantilah password pada akun e-commerce Anda secara berkala. Semakin sering mengganti password, Anda dapat meminimalisir peretasan pada akun Anda. Gunakanlah password dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan tanda unik.

5. Selalu Perhatikan Total Harga

Terkadang, total harga ketika sedang check out tidak terlihat. Beberapa orang juga sering tidak menyadari berapa barang yang dibeli. Oleh karena itu, selalu perhatikan total harga akhir sebelum Anda melakukan pembayaran agar tidak merugi. Apabila tidak sesuai dengan yang Anda beli, Anda sebaiknya mengulangi pembelian dari awal.

6. Menggunakan Jaringan Pribadi

Saat berbelanja online, selalu gunakanlah jaringan atau wifi pribadi agar lebih terjaga keamanannya. Hindarilah menggunakan jaringan publik yang tidak memiliki kata sandi. Wifi publik mudah dilacak dan diretas. Untuk meminimalisir penyalahgunaan data, lakukan transaksi menggunakan jaringan pribadi di rumah.

7. Gunakan Smartphone atau Komputer Sendiri

Sama dengan penggunaan jaringan pribadi, sebaiknya Anda menggunakan smartphone dan komputer sendiri saat membeli melalui online shop. Berbagi komputer atau smartphone berbahaya untuk data pribadi Anda dan akan mudah untuk dibuka oleh orang lain, terutama jika Anda lupa untuk melakukan logout.

8. Gunakan Cara Pembayaran yang Aman

Gunakanlah cara pembayaran yang Aman. Lebih baik, Anda juga menggunakan metode pembayaran yang berbeda pada setiap transaksi sehingga tidak mudah dilacak. Apabila ada pilihan untuk melakukan cash on delivery (COD) yaitu membayar barang pada pedagang atau penyalur langsung di suatu tempat, maka sebaiknya Anda memilih menggunakan metode ini agar dapat terhubung dengan penjual secara langsung.

9. Bersihkan Data Cache di Komputer

Selalu bersihkan data cache yang ada di komputer atau smartphone setelah Anda selesai melakukan transaksi. Memberikan data diri dapat menghapus jejak untuk data pribadi seperti alamat dan lokasi Anda. Dengan demikian, data diri pribadi Anda tidak mudah tersebar.

10. Menanyakan Cara Pengiriman dengan Jelas

Sempatkanlah untuk menanyakan cara pengiriman dengan jelas pada penjual barang. Dengan mengetahui cara pengiriman ini, Anda dapat memperkirakan kapan paket akan datang. Meski sudah ada tertera di e-commerce, tidak ada salahnya untuk memastikan kembali.

Pemahaman cara aman belanja online sangat diperlukan, karena data diri yang berada di internet sangat rawan untuk tersebar dan dapat disalahgunakan. Cara lain yang aman adalah Anda dapat melihat rating toko pada e-commerce untuk memastikan kualitas produknya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *