5 Kriteria Sendok Makan Bayi yang Aman dan Nyaman Versi SehatQ

  • Whatsapp
5-Kriteria-Sendok-Makan-Bayi-yang-Aman-dan-Nyaman-Versi-SehatQ
Foto dari Canva Pro

Memfasilitasi bayi untuk belajar makan menjadi tugas bagi semua orang tua. Tentu Anda juga ingin membantu si kecil belajar makan dengan baik memakai alat-alat yang tepat, bukan? Salah satunya adalah sendok makan bayi yang tak boleh dipilih asal-asalan demi kenyamanan si kecil saat makan.

Kriteria Sendok yang Bagus

Saat memilih sendok makan untuk bayi, maka Anda harus tahu seperti apa sendok yang tepat untuk dipakai. Sendok yang digunakan oleh bayi tentu tidaklah sama dengan sendok yang biasa kita gunakan setiap hari. Berikut adalah 5 kriteria penting yang perlu dimiliki oleh produk sendok makan si kecil:

Read More

1. Bebas Bahan Kimia Berbahaya

Sendok makan yang digunakan oleh bayi harus bebas dari beragam jenis bahan kimia berbahaya. Hal ini sangat penting apabila Anda tidak ingin anak mengalami gangguan kesehatan tertentu akibat konsumsi bahan-bahan kimia. Pilihlah sendok makan bayi yang bebas dari bahan BPA, PVC, juga phthalates.

Mungkin tidak langsung menimbulkan efek samping, namun pemakaian bahan kimia semacam ini bisa saja memberi dampak jangka panjang. Bahkan bisa saja paparan bahan kimia berbahaya menyebabkan munculnya penyakit kanker. Jadi, periksa kembali pada kemasan produk apakah sendok yang akan dipakai sudah bebas bahan kimia berbahaya atau belum.

2. Bahannya Lembut

Sendok makan bayi harus menggunakan bahan yang lembut. Seperti kita tahu bahwa bagian rongga mulut si kecil masih sangat rentan. Jika memakai sendok yang berbahan keras dan tajam maka bisa saja merusak perkembangan gigi juga kesehatan gusi anak. Sendok yang Anda berikan kepada si kecil sebaiknya berbahan lembut atau lunak untuk menjaga kenyamanan mereka saat makan.

3. Sudah Food Grade

Produk sendok juga harus sudah berstatus food grade. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan produk sendok yang aman digunakan. Sendok tidak akan menghasilkan bahan kimia berbahaya saat berkontak langsung dengan makanan. Selain itu, produk yang sudah food grade juga biasanya akan bebas dari luntur.

Orang tua biasanya lebih suka memilihkan sendok warna-warni untuk si kecil. Selain bisa lebih menarik, sendok warna-warni juga bisa menjadi media belajar warna bagi anak. Namun, warna-warna pada sendok ini harus dipastikan tidak luntur agar tidak berbahaya bagi tubuh. Informasi produk food grade ini bisa jadi jaminan bahwa sendok tidak luntur dan aman dipakai.

4. Tidak Tajam

Sendok untuk bayi jelas tidak boleh mempunyai sedikitpun bagian yang tajam. Periksa dan pastikan bahwa sendok tersebut memiliki ujung tumpul atau membulat. Jika ujungnya tajam maka akan sangat rawan untuk dipakai si kecil. Ujung sendok yang tajam bisa menyebabkan luka dan berakibat pada sariawan. Jika luka ini terjadi maka akan berdampak juga pada menurunnya nafsu makan anak.

5. Sesuai Usia Anak

Orang tua sebaiknya jeli memilih produk sendok untuk bayi. Sendok yang baik harus bisa menyesuaikan usia anak si kecil. Semakin bertambah usia maka kemampuan makan anak akan terus meningkat. Pastikan untuk memilih produk sendok yang sesuai dengan usia juga perkembangan anak agar membuat aktivitas makan semakin lancar dan menyenangkan.

Itulah tadi 5 tips memilih sendok makan untuk bayi tercinta. Anda bisa mendapatkan rekomendasi juga review produk alat makan bayi di website SehatQ. SehatQ menyediakan informasi lengkap dan bermanfaat mulai dari bidang lifestyle hingga kesehatan. Anda juga bisa memanfaatkan SehatQ untuk berkonsultasi dengan dokter maupun membeli obat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *