7 Cara Mengusir Tikus di Rumah Secara Alami

  • Whatsapp
7-Cara-Mengusir-Tikus-di-Rumah-Secara-Alami
Foto dari Canva Photos Unlimited

Tikus merupakan makhluk pengerat yang bisa menyebabkan masalah kesehatan di rumah. Ada banyak penyakit yang bisa ditularkan oleh tikus lewat kontaminasi virus pada urine, feses dan lendir gigitan, misalnya demam hemoragik, pes, leptospirosis, dan lain-lain. Memiliki rumah yang bebas dari hewan parasit sudah menjadi keinginan semua orang, bukan? Selain menjaga kebersihan lingkungan, Anda bisa mengusir sang hama dengan jebakan tikus yang efektif.

Mengusir tikus dengan bahan alami

Ada beberapa cara lain dalam mengusir keberadaan tikus menggunakan bahan alami berikut ini.

Read More

1. Menggunakan bubuk kopi

Cara yang bisa Anda gunakan untuk membasmi tikus adalah bubuk kopi. Tikus merupakan hewan pengerat yang mengandalkan penciuman untuk melacak jejak mereka. Kalau Anda menaburkan bubuk kopi pada tempat yang sering mereka lalui, maka tikus tidak akan suka tinggal di rumah.

2. Buah mengkudu

Anda tidak suka dengan aroma buah mengkudu yang khas dan menyengat? Hal serupa yang dirasakan oleh tikus-tikus di rumah. Gunakan buah mengkudu yang masih segar untuk mengusir para tikus. Anda hanya perlu memotong buah mengkudu menjadi beberapa bagian dan letakkan di tempat yang menjadi sarang tikus seperti gudang. Jika buah mengkudu sudah kering, ganti dengan potongan buah yang segar.

3. Cangkang telur

Selain menggunakan jebakan tikus, Anda bisa mempraktikkan cara membasmi tikus di rumah menggunakan cangkang telur. Setiap Anda memasak atau membuat kue, jangan buang cangkang tikus langsung ke tempat sampah, ya! Manfaatkan cangkang dengan menumbuk lebih halus menggunakan blender atau alat penumbuk lain.

Taburkan cangkang yang telah diblender ke sudut-sudut rumah yang sering dilalui tikus. Tak hanya bisa mengusir tikus di rumah, cangkang telur juga efektif mengusir semut dan kecoa.

4. Bawang putih

Bumbu dapur yang bisa mengusir tikus dari rumah adalah bawang putih. Anda bisa menggunakan bawang putih yang masih bagus dan potong menjadi beberapa bagian. Bungkus potongan dengan kain kasa bersih, lalu letakkan pada tempat yang sering menjadi jalur tikus di rumah. Dijamin tikus-tikus tidak akan suka dengan aroma bawang putih yang menyengat.

5. Daun mint

Jika manusia suka dengan daun mint yang segar, maka tikus akan menjauhi aroma mint ini. Anda bisa menumbuk beberapa helai daun mint hingga hancur, tambahkan air dan masukkan bahan ke dalam wadah semprotan. Rutin menyemprotkan daun mint di area yang menjadi jalur tikus akan membuat rumah Anda bebas dari hama pengerat.

6. Daun sirsak

Banyak orang menyebutkan bahwa daun sirsak memiliki khasiat yang bagus dalam dunia pengobatan herbal. Ternyata daun sirsak juga efektif mengusir tikus dari rumah Anda, lho! Caranya sangat sederhana sebab Anda hanya perlu menyobek beberapa helai daun sirsak dan letakkan pada tempat yang menjadi jalur dan sarang tikus. Kalau daun sirsak sudah mulai mengering, segera ganti daun baru.

7. Merica

Semprotan merica bisa mencederai mata dan hidung orang yang menghirupnya termasuk tikus. Anda bisa menaburkan bubuk merica pada tempat-tempat yang menjadi favorit tikus. Aroma bubuk merica yang pedas dan menyengat akan membuat para tikus kabur seketika.

Tentu masih ada banyak bahan alami lain yang bisa mengusir keberadaan tikus dari rumah Anda. Gunakan jebakan tikus untuk membunuh tikus lebih cepat atau Anda bisa memelihara kucing di rumah. Membasmi tikus di rumah merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan. Rumah yang bebas dari urine dan feses tikus yang berbahaya pasti membuat Anda dan keluarga lebih betah, bukan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *