Asah Keterampilan, Inilah Cara Membuat Masker Kain yang Bisa Anda Praktekkan

  • Whatsapp
Asah-Keterampilan-Inilah-Cara-Membuat-Masker-Kain-yang-Bisa-Anda-Praktekkan
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Selalu mengenakan masker ketika Anda pergi keluar rumah atau sedang berada di tempat umum yang menjadi tempat banyak orang merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mencegah diri Anda dari penularan virus yang tengah mewabah saat ini. Namun masker medis atau masker kesehatan sempat menjadi langka dan menghilang dari peredaran semenjak virus Covid-19 melanda Indonesia bahkan dunia. Ini membuat masker kain menjadi salah satu alternatif yang telah dianjurkan oleh badan kesehatan dunia, WHO.

Masker dari bahan kain juga lebih mudah untuk dicuci dan juga bisa lebih mudah didapatkan di berbagai tempat. Selain bisa Anda beli dengan mudah, masker dari bahan kain juga bisa Anda buat sendiri sehingga Anda bisa membuat model dan motif sesuai gaya dan selera Anda.

Read More

Membuat Masker Sendiri

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat masker sendiri, berikut beberapa cara yang bisa Anda ikuti.

1. Masker tanpa proses jahit

Anda bisa membuat masker dari bahan kain dengan cara yang cukup mudah dan tidak perlu dijahit. Masker yang tidak menggunakan proses jahit ini nantinya bisa Anda gunakan dengan cara disematkan di telinga atau disebut dengan earloop.

Untuk membuat masker dengan cara ini, Anda hanya membutuhkan dua bahan saja, yaitu potongan kain katun yang sudah tidak terpakai, seperti sisa kaos, sisa sarung bantal dan karet elastis, misalnya ikat rambut karet yang sudah dilapisi kain.

Setelah kain katun tersebut Anda cuci dan pastikan bersih, kemudian ukur panjang kain sesuai dengan wajah Anda. Pastikan masker tersebut menutupi bagian hidung, mulut, hingga bagian bawah dagu Anda. Kemudian bentangkan kain dan lipat kain menjadi tiga lipatan.

Sisipkan tissue atau filter kopi di bagian dalam kain dan sisipkan juga ikat rambut karet pada kedua sisi kain tersebut. Lipat kain bagian ujung dan satukan antara satu ujung dengan ujung lainnya, kemudian tarik bagian ujung atas dan bawah masker. Apabila sudah, maka masker kain siap untuk digunakan.

2. Masker dengan proses jahit

Dengan membuat masker yang dijahit, Anda bisa membuat masker dengan model tali. Masker dengan model tali seperti ini akan lebih cocok digunakan bagi Anda yang mengenakan hijab. Bahan-bahan yang diperlukan adalah jarum, benang, gunting, peniti atau penjepit, kain katun sisa kaos atau sisa sarung bantal untuk bahan masker, dan empat strip kain katun panjang untuk pengikat dengan panjang sekitar 45 sentimeter.

Anda juga bisa mengganti tali ini dengan tali sepatu yang memiliki ukuran sama panjang. Setelah kain dicuci dan Anda pastikan telah bersih dan steril, potonglah kain tersebut menjadi ukuran persegi panjang dengan ukuran panjang sekitar 30 sentimeter dan lebar 15 sentimeter secara dua lapis dan jahit kedua lapisan tersebut hingga menjadi satu dengan cara menjahit bagian belakang kain dengan menghadap ke depan.

Bedakan antara motif bagian depan masker dan bagian belakang masker agar tidak tertukar nantinya. Sisakan sedikit ruang di bagian sisi kain untuk menjadi bagian tali. Selipkan tali pada ujung-ujung kain dan tahan dengan menggunakan penjepit atau peniti agar posisi tali tidak bergeser.

Kemudian jahit seluruh lapisan kain dengan cara backstitch secara berulang agar masker bisa lebih kuat. Setelah selesai dijahit, masker tersebut telah selesai digunakan.

Itulah cara untuk membuat masker kain sendiri dari bahan-bahan yang Anda miliki di rumah. Semoga ulasan di atas bisa menginspirasi Anda yang ingin mengasah ketrampilan menjahit, ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *