Sehat Bersama SehatQ.com: 4 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Selama Puasa

  • Whatsapp
Sehat-Bersama-SehatQ.com:-4-Jenis-Olahraga-yang-Bisa-Dilakukan-Selama-Puasa
Foto dari Canva Photos Unlimited

Bagaimana olahraga yang tepat saat sedang berpuasa? Pertanyaan ini mungkin juga menjadi pertanyaan Anda. Menurut laman SehatQ.com, orang yang berpuasa masih tetap membutuhkan olahraga agar terjaga kesehatannya. Namun juga harus disiasati dengan pemilihan jenis olahraga serta waktu melakukannya.

Jenis Olahraga Saat Puasa

Dari sekian banyak jenis olahraga yang ada, berikut ini ada 4 jenis olahraga yang bisa Anda lakukan selama berpuasa.

Read More

1. Jalan santai

Anda bisa melakukan jalan santai. Anda bisa melakukan jalan santai dengan berkeliling komplek atau di sebuah lapangan. Atau bisa juga dengan membeli makan atau takjil untuk berbuka di daerah sekitar rumah sambil jalan santai.

2. Bersepeda

Yang kedua adalah bersepeda. Jika Anda hobi bersepeda dan memiliki sepeda, bersepeda di sore hari sembari menunggu waktu maghrib bisa jadi pilihan yang tepat. Bersepeda mampu menempuh jarak yang lebih jauh dan waktu yang lebih singkat daripada jalan santai. Selama perjalanan, Anda bisa sekalian membeli menu makan berbuka atau takjil.

3. Yoga

Olahraga ini bisa dilakukan di rumah saja tanpa perlu keluar ruangan. Anda bisa mencari video tutorial Yoga yang banyak terdapat di laman berbagi video online kemudian Anda bisa mengikuti gerakan-gerakannya.

4. Angkat beban

Meskipun harus mengangkat beban yang berat, olahraga angkat beban masih tergolong ringan selama beban yang Anda angkat tidak terlalu berat. Pilihlah beban yang ringan agar Anda tidak kehabisan energi dan juga cairan.

Itulah 4 jenis olahraga yang bisa Anda lakukan selama puasa. Selain 4 olahraga tersebut, Anda juga bisa memilih olahraga yang biasa Anda lakukan namun dengan intensitas yang ringan agar tidak mengganggu puasa Anda.

Waktu yang Tepat untuk Olahraga

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga pada saat berpuasa? Menurut ilmu kesehatan, waktu yang tepat untuk berolahraga selama puasa adalah pada sore hari, sekitar 1-2 jam sebelum berbuka. Anda tidak disarankan untuk berolahraga pada siang hari saat sedang berpuasa karena bisa menyebabkan dehidrasi.

Ketika Anda memilih waktu sore hari sebelum berbuka, energi yang terbuang selama olahraga akan bisa langsung dikembalikan pada saat berbuka. Jadi, sangat kecil kemungkinannya olahraga yang Anda lakukan akan mempengaruhi ibadah puasa Anda.

Demikian informasi mengenai olahraga pada saat berpuasa. Ibadah puasa seharusnya tidak menjadi alasan bagi kita untuk tidak melakukan olahraga. Anda tetap bisa melakukannya dengan catatan tertentu. Selama Anda mengikuti saran dari para ahli kesehatan, olahraga selama puasa tidak akan mengganggu ibadah puasa Anda malah akan berakibat baik bagi kesehatan Anda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengedukasi diri dengan informasi kesehatan. Karena ini menjelang bulan puasa, Anda bisa mulai mencari informasi kesehatan yang bisa digunakan selama berpuasa. Carilah sumber informasi yang kredibel seperti laman SehatQ.com.

SehatQ adalah sebuah platform kesehatan berbasis online yang bisa Anda gunakan untuk mencari berbagai informasi terkini dunia kesehatan. Informasi yang tertulis jelas kredibilitasnya karena ditulis oleh orang-orang yang ahli di bidangnya.

Untuk mencari informasi yang spesifik di laman ini, misalnya mencari informasi khusus puasa, Anda bisa mencarinya melalui Tag informasi. Tag ini berisi satu kata kunci yang memuat beragam informasi dengan tema yang sama.

Selain bisa digunakan untuk mencari informasi yang valid, laman ini juga bisa digunakan untuk layanan konsultasi dengan dokter, membuat janji temu, hingga membeli obat dan alat kesehatan lainnya. Dengan satu aplikasi SehatQ.com, Anda bisa mendapatkan berbagai layanan terkait dunia kesehatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *